Thursday, December 22, 2011

HAPPY MOTHER'S DAY... I LOVE YOU...MOM...!

Islam mengajarkan bahwa kaum Ibu merupakan pihak yang sangat istimewa dan tinggi derajatnya. Oleh karena itu kita sangat akrab dengan Hadist yang menjelaskan keharusan seorang sahabat agar memprioritaskan berbuat baik kepada Ibunya. Bahkan Nabi Shollallahu 'Allaihi Wasallam menyebutkan keharusan tersebut sebanyak 3 (tiga) kali sebelum beliau akhirnya juga menganjurkan sahabatnya tadi agar berbuat baik kepada Ayahnya. Jadi ibaratnya keharusan menghormati dan berbuat baik seorang anak kepada Ibunya lebih banyak 3 (tiga) kali lipat daripada penghormatan dan perilaku baiknya terhadap sang Ayah.

أَخْبَرَنَا بَهْزُ بْنُ حَكِيمٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي قَالَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَبَرُّ قَالَ أُمَّكَ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ أُمَّكَقَالَ قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ أُمَّكَ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَثُمَّ أَبَاكَ ثُمَّ الْأَقْرَبَ فَالْأَقْرَبَ


Bahaz Ibnu Hakim, dari Ayahnya, dari Kakeknya Radliyallaahu 'Anhu berkata :
Aku bertanya : Wahai Rasulullah, kepada siapa aku berbuat kebaikan ?
Beliau bersabda : "Ibumu".
Aku bertanya lagi : Kemudian siapa ?
Beliau bersabda : "Ibumu".
Aku bertanya lagi : Kemudian siapa ?
Beliau bersabda : "Ibumu".
Aku bertanya lagi : Kemudian siapa ?
Beliau bersabda : "Ayahmu, lalu yang lebih dekat, kemudian yang lebih dekat".
(HR. Abu Dawud dan Tarmidzi)

















Eka I. Rochmansyah

No comments:

Post a Comment