Monday, April 13, 2015

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK (BAWANG BERLIAN)

BAWANG DAYAK dikenal juga dengan sebutan Bawang Berlian ini merupakan salah satu tanaman dari jenis bawang-bawangan. Masyarakat pada umumnya kurang familiar dengan tanaman satu ini karena tanaman ini hanya ditemukan pada daerah tertentu saja. Bawang Dayak telah lama dikenal di Kalimantan sebagai tanaman obat. Hal ini karena kandungan dan khasiat yang terdapat dalamnya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga oleh masyarakat Kalimantan banyak digunakan sebagai tanaman obat.
Bawang Dayak secara fisik, bentuknya tidak jauh berbeda dengan bentuk bawang-bawangan pada umumnya. Perbedaan terletak pada warna umbinya yang lebih merah menyala dan memiliki permukaan buah yang sangat licin. Bagian umbi memiliki lapisan yang cukup tebal dan kerat. Tanaman ini mampu tumbuh kuat dengan tinggi antara 26 hingga 50 cm. Mudahnya tanaman ini untuk tumbuh menarik masyarakat untuk memanfaatkannya. Ternyata kandungan yang terdapat pada tanaman Bawang Dayak ini sangatlah banyak bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari mulai flu hingga penyakit berat lain seperti kanker dan tumor.

Bawang Dayak dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berasal dari kebiasaan warga Kalimantan yang menggunakan umbinya sebagai obat sakit perut, obat flu, hingga penyakit kuning membawa penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang terdapat pada bawang hutan ini. Kemampuan tersebut tentu disebabkan oleh suatu senyawa aktif pada bawang dayak yang dapat dikembangkan sebagai tanaman obat herbal.

Menurut penelitian dan analisis kandungan, bawang dayak ternyata memiliki kandungan zat anti bakteri dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mengobati beragam penyakit baik ringan maupun penyakit yang berat. Kandungan anti bakterinya dapat mencegah berkembangnya bakteri, virus dan mikroba lainnya sehingga menghentikan penularan penyakit. Sedangkan antioksidannya yang sangat tinggi mampu menghadapi radikal bebas sehingga efektif sebagai pencegah kanker, pencegah radang, tumor dan pendarahan.

Senyawa yang terkandung dalam Bawang Dayak ini antara lain yakni senyawa aktif berupa Naphtoquinones beserta turunannya. Kandungan tersebut yang membuat bawang dayak merupakan anti bakteri alami yang ampuh dan dapat dijadikan sebagai pengobatan modern. Kandungan Naphtoquinones tersebut juga menjadi salah satu zat aktif yang mampu mencegah kanker dan tumor. Penelitian ini memberikan alternatif pengobatan herbal terbaru.

Saya mengenal tanaman ini dari Mas Yudi Krian (Sidoarjo), terima kasih banyak Mas.
Cara pakainya : Ambil 2 - 3 butir Bawang Dayak, cuci dan dipotong kecil-kecil, lalu seduh dengan air panas 1 (satu) gelas, tunggu sampai berwarna merah lalu diminum.
Aturan minum : 1 Hari, 2 Kali : Pagi dan Sore.


Thanks,





Eka I. Rochmansyah
Phone   : 081 5501 7484
Pin BB  : 2BAF67B9

No comments:

Post a Comment