Thursday, May 21, 2009

LOCAL KNOWLEDGE GETS HIGHEST SCORE IN FIRST ROUND OF BILLABONG PRO JAVA 2009

SURFER LOKAL MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI DAN MEMENANGKAN SEBAGIAN BESAR HEAT DI RONDE PERTAMA BILLABONG PRO JAVA 2009

20 Mei 2009, Cimaja – Jawa Barat : Surfer lokal unggul di ronde awal Billabong Pro Java yang dilaksanakan di pantai berbatu dengan ombak kanan, Pantai Cimaja-Jawa Barat, hari ini. Lima dari delapan heat yang dilaksanakan di ronde pertama dimenangkan oleh surfer lokal Jawa Barat dan nilia tertinggi diperoleh Saprudin setelah melakukan barrel dan membuatnya memperoleh nilai 8,5.

Kompetisi surfing kedua dari sirkuit Coca Cola Indonesia Surfing Championship 2009 ini menawarkan total hadiah uang sebesar 40 juta rupiah untuk diperebutkan di divisi Men’s Pro, Master dan Women. Billabong Pro Java yang merupakan kompetisi surfing bintang 6 ini akan diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 20 sampai dengan 23 Mei 2009 dengan jumlah total peserta 90 orang berasal dari Bali, Nusa Lembongan, Jawa, dan Sumatra. Surfer-surfer dari berbagai daerah di Indonesia berpetualang ke Cimaja melakukan surfing untuk memperoleh hadiah uang yang ditawarkan Billabong, kejayaan, dan tentu saja nilai untuk menjadi juara ISC.

Fajar mulai bersinar dengan ombak sempurna setinggi 3-4 kaki, menjadi tanda yang baik untuk memulai event ini. Heat pertama untuk divisi Men’s Pro dimulai tepat pukul 6.50 pagi waktu setempat, dengan matahari muncul dari pegunungan dan memantulkan cahayanya ke barrel biru kehijau-hijauan yang menerpa bebatuan di pantai. “Dengan waktu yang singkat untuk kompetisi ini, kami sangat senang terbangun untuk melihat kondisi yang mendekati sempurna dan gelombang yang sangat solid” kata CEO ISC sekaligus surfer professional, Tipi Jabrik, “Lokal menunjukkan penampilan terbaik mereka di ronde awal dengan memanfaatkan pengetahuan mereka terhadap medan yang sudah sangat mereka kenali, dan semoga kita bisa melihat kemajuan mereka di ronde-ronde berikutnya seiring dengan tantangan yang semakin berat”.

Surfer lokal Cimaja yaitu Saprudin, Asep, Suparman, Sandi Slamet dan Ujang Jet Li berjaya setelah menunjukkan kemampuan mereka melakukan deep bottom turns, diikuti dengan aksi dalam barrel dan ditutup dengan big turns diatas ombak sebening kaca. Tai Graham, Ketut Suarta dan Mattia Morri—ketiganya jauh-jauh datang dari Bali ke Cimaja—juga berhasil menjuarai heat mereka dan melaju ke ronde kedua.

Direktur Kontes—Wayan ‘Kopling’ Wirtama—yang berulang tahun hari ini menguapkan perayaan ulang tahunnya dengan fokus pada pelaksanaan ronde pertama, aksinya tidak sia-sia dengan datangnya set ombak yang sangat konstan, membuat heat selama 20 menit berlalu sangat cepat. Kini giliran para perempuan yang beraksi dalam Women’s Division untuk mendapatkan ombak-ombak yang bagus. Rohaye, surfer 15 tahun asal Sumatra dan Diah dari Bali sepertinya tidak takut menghadapi ombak pagi ini. Setelah 4 heat dan 2 semifinal; Rohaye, Ayako dari Jepang, Nyoman Satria dan Chika dari Bali memiliki kesempatan untuk bertanding kembali di babak final pada Minggu, 23 Mei 2009.

Berdasarkan prediksi, gelombang untuk esok hari akan mengalami sedikit kenaikan, dengan demikian ronde 2 dan 3 akan dapat dilakukan dengan kondisi ombak yang lebih baik dan lebih menarik untuk peserta dan juga penonton. Aksi-aksi para surfer akan dimulai saat fajar menyingsing agar bisa memanfaatkan kondisi yang sangat sempurna untuk pelaksanaan event sebesar ini.

Billabong Pro Java ini disponsori oleh Desa Resort yang berlokasi tepat di pantai Cimaja dan juga didukung oleh Von Zipper Sunglasses, Nixon Accessories, Kustom Shoes dan seluruh masyarakat Jawa Barat.

Photo Credit : Tim Hain – Coca-Cola ISC Tour

Photo 1 : Asep














Photo 2 : Ayako (Womens)














Photo 3 : Bonnie (Womens)














Photo 4 : Cimaja














Photo 5 : Sandi Slamet














Photo 6 : Saprudin














Photo 7 : Suparman














Photo 8 : Tai Graham














Thanks,




Eka I. Rochmansyah
Media Coordinator ISC

No comments:

Post a Comment